CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Rabu, 23 Juli 2008

Holiday in Jogja...

Yo..yo.. yo.. I’m back! I’m Back! Pffiuhh… Setelah ga ngisi blog sekian lama, gw balik lagi dengan cerita-cerita yg fresh.. kali ini gw mo crita tentang liburan gw kmaren di jogja haha.. JOGJA!!

Nah,, kalo liburan ke jogja,, artinya gw nginep di CLAYTON (baca:Klaten) sebuah kota kecil 20 menit dari jogja. Disana ada rumah eyang gw,, Then, karena clayton itu kota kecil, kegiatan yg paling gw nikmatin disana Cuma satu,, Wisata Kuliner…
Clayton itu terkenal dengan nasi liwetnya yg melegenda haha.. Saking enak dan lakunya nih, kalo mau beli harus dateng ksana paling telat jam 7 - stengah 8 pagi.. karena begitu dateng ke tempat mangkalnya, si ibu penjual nasi liwet itu langsung disikat habis (nasi liwetnya lah...!! ) rasa nasi liwetnya? Hoho.. jangan ditanya,, lebih gurih dari nasi uduk! Ditambah dengan potongan telur dan sayur rebungnya yang menggoda,, hmmm... AJIIIIB!!! Pokoknya MAK NYUZZ.... Hidup nasi liwet!!


nasi liwet yang hmmm...

Seperti yang tadi gw bilang, di Clayton itu ga ada yg menarik selain nasi liwet.. So,, gw dan keluarga pergi ke jogja buat nyari tempat liburan yang asik.. perjalanan ini gw kasih nama ”Two days In Jogja”,, walaupun ga nginep (jalan seharian,, pulang ke klaten,, besoknya ke jogja lagi) tapi dua hari ini berharga banget,, coz banyak pengalaman yang gw dapet dari tempat-tempat baru yang gw kunjungi..


First destination (1st day) : Ketep Pass


Tempat ini kalo di Jawa Barat mirip Puncak Pass,, minus vila-vila. Ketep Pass jauh lebih sepi dari Puncak, tapi kalo soal dinginnya,, wow.. di Ketep jauuuh lebih dingin.. anginnya kenceeng... semriwing... Disana kita bisa liat pemandangan gunung Merapi dari jarak yang lumayan deket. Kita bisa juga nyewa keker (bahasa bakunya apa sih?) kalo mau ngeliat lebih jelas lagi merapi dan alam sekitarnya.. kerennya nih, disana ada wahana yang namanya ”Volcano Theater”.. widiih.. kontan aja gw semangat pengen masuk.. Gw ngebayangin kursinya bisa goyang-goyang mirip dufan gtu.. ”Pasti seru bgt nih”, pikir gw.. nah,, saat yang ditunggu dateng juga.. setelah ngantri, akhirnya gw masuk dan... loh?? Kok kursinya aneh ya? Biasa bgt gitu,, ga menunjukkan tanda-tanda kecanggihan.. selama stengah jam dsana kita disuguhin film dokumenter merapi yang lebih mirip film TVRI daripada discovery channel,, tapi ga jelek2 amat kok.. dan tentunya dengan kursi yang tidak bergoyang (kecewa)…

Second destination: Gunung Merapi mbah Maridjan
Inget mbah Maridjan?? Si penakluk merapi yang jadi bintang iklan kuku bima tl itu loh.. nah,, gw dateng ke daerahnya.. waktu diajak ksana, reaksi pertama gw “What??? Mau ngapain? Meet and greet bareng mbah Maridjan?” tapi ternyata ga hanya itu yang bisa gw dapetin.. dsana qta bisa ngeliat bunker tempat perlindungan kalo trjadi bencana Merapi, before and after.. knapa? Karena skarang bunker itu dah ditutupi abu merapi, sama kayak lingkungan sekitarnya.. dan ada crita seremnya nih.. jadi,, pas merapi lg aktif2nya dan ngeluarin awan panas, ada dua relawan yg lagi ada di skitar situ dan berlindung di bunker waktu ada awan panas.. tapi saking hebohnya awan panas itu, dua relawan itu malah terjebak di dalamnya.. alhasil, mereka ”mateng” deh.. sungguh ironis bukan?
Bunker sebelum bencana..

After the disaster..



First destination (2nd day): Gondang Sugar Factory
Di hari kedua ini,, gw sekeluarga mengunjungi pabrik gula tempat kakek gw (bokapnya bokap gw) dulu kerja. Dsana gw masuk ke dalam pabrik dan ngeliat cara pembuatan gula dari tebu.. begitu masuk ke dalam, “Ziiing..” baunya aneh bgt.. manis-manis gimana.. gtuh. Kecut-kecut dikit lah.. (bingung kan?) dari pabrik, adik2 ama bokap gw masuk ke museum gula.. gw ga ikutan soalnya males,, muter2 pabrik aja dah lumyan cape.. so,, gw, nyokap n tante gw duduk di cafe aja,, sambil menikmati pisang bakar, hoho..
Oh iya,, selain pabrik,dsana juga disediain homestay bwt yg mw nginep.. homestay-nya itu rumah tua peninggalan belanda.. gw sekeluarga sempet juga masuk kesana.. It's creepy.. di tengah2 rumah ada "space" yang luas bgt.. buat dansa kali yee..
Me and my family in front of the house,,


Second destination: Kasongan
Kasongan itu nama daerah tempat kerajinan grabah.. jd,, yang bsa gw lakukan yah.. liat-liat grabah.. bentuknya lucu2,, mulai dari boneka2 kecil ampe gentong yang gede bgt.. sbenernya ada yg pengen dibeli,, tapi apa daya, masa’ mw digotong di pesawat? Biaya kirimnya mahal bo.. 100 ribu..

Third destination : Kota Gede
Disini qta bsa ngeliat kerajinan2 perak,, tp karena yakin ga mau beli apa2,, jd gw ga turun deh.. gw hanya memandangi deretan toko perak di kanan kiri jalan dari dalam mobil yang melaju..

Fourth destination: Pusat bakpia se-Jogja


Ini dia,, tempat favorit gw.. tempat dmana kue bakpia yang jadi ikon jogja itu dibuat dan didistribusi ke toko2 lain.. semua bakpia yang dijual disini masih fresh from the oven.. jadi,, walaupun gw ga bgitu suka (atau tpatnya bosen) ama makanan yang satu ini, gw tetep terbuai mulai dari gigitan pertama.. coz bakpianya masih anget2 gtu.. yummy..

Segini aja ya,, cerita liburan gw di jogja.. on my next posting.. I’ll talk about my holiday in Bali..

0 komentar: